Mengenal Istilah dalam GPS

GPS (Global Positioning System) adalah sistem satelit navigasi dan penentuan posisi yang dimiliki dan dikelola oleh Amerika Serikat. Sistem ini didesain untuk memberikan posisi dan kecepatan tiga-dimensi serta informasi mengenai waktu, secara kontinyu di seluruh dunia tanpa bergantung waktu dan cuaca, bagi banyak orang secara simultan. Berikut adalah istilah-istilah yang sering ditemui dalam mempelajari dan menggunakan GPS (Global Positioning System).

DOY

DOY (Day of Years) adalah istilah umum yang digunakan dalam tanggal GPS, GPS menggunakan tanggal Julian date calendar, yang mana perhitungan tanggal berurutan dalam 1 tahun penuh dan terdiri dari tanggal 1-365 (366 untuk leap years), tanggal dalam Julian date calendar dalam waktu UTC. Data rinex stasiun GPS IGS (International GNSS Service) penamaannya juga menggunakan doy untuk memudahkan pengenalan data survei. Contoh konversi tanggal masehi ke Doy, 2 Februari 2019 (year normal) sama dengan Doy 33.


Julian date calender 2019 (NGS, 2019)
Leap Years

Leap Years atau dikenal dengan tahun Kabisat adalah penambahan hari dalam setahun yang terjadi dalam 4 tahun sekali, contoh leaps years adalah tahun 2008, 2012, 2016, 2020, dst.

GPS Week

GPS Week adalah penanggalan berdasarkan hari dalam seminggu, GPS Week dimulai pada 6 Januari 1980, dan direset kembali jadi nol pada tanggal 22 Agustus 1999, dalam penanggalan GPS Week juga terdapat informasi hari dalam seminggu dengan 0=Minggu, 1=senen, 6=sabtu. Contoh konversi tanggal masehi ke GPS Week adalah 2 Februari 2019 sama dengan 20386, dengan 2038 adalah nilai GPS Week 2 Februari 2019 dan 6 adalah informasi hari sabtu, 5 Februari 2019 sama dengan 20392, 2039 adalah nilai GPS Week 5 Februari 2019 dan 2 adalah informasi hari selasa.

GPS Week Calender 2018 (NGS, 2019)
Rinnex File

Adalah format standar yang digunakan secara umum untuk pertukaran informasi hasil pengamatan receiver GPS, rinex file terdiri dari Observation data file, Navigation file, Meteorological data file (opsional). Observation data file berisi nilai Pseudorange dan Phaserange dari satelit ke receiver GPS, Navigation file berisi informasi orbit satelit, Meteorological data file berisi informasi cuaca.

Broadcast Ephemeris

Adalah data informasi prediksi posisi satelit yang dikirim kan secara real time dari satelit ke receiver GPS, data Broadcast ephemeris masih memiliki nilai kesalahan orbit dari actual orbit, data broadcast epehemeris dikenal juga dengan Navigasi data file, file.YYn

Precise Ephemeris

Adalah data informasi posisi satelit yang dihitung berdasarkan posisi tracking satelit yang sebenarnya, didapat setelah post processing nilai orbit, ada 3 macam nilai precise ephemeris yaitu Ultra rapid orbit, Rapid orbit, Final orbit, file Final orbit dikenal dengan Sp3 file. Final orbit memiliki orbit akurasi yang paling bagus, dan didapat setelah 13 hari dari orbit. Data precise ephemeris digunakan untuk pengolahan data GPS untuk mendapat hasil koordinat pengolahan yang lebih teliti.